Minggu, 31 Maret 2013

Tips Memelihara Sliding Door, Pintu Geser Mobil

tips memelihara pintu geser mobilTips Memelihara Sliding Door, Pintu Geser Mobil banyak cara untuk melakukan atau memelihara baik mencegah dan memperbaikinya, karena saat ini memang banyak jenis kendaraan mobil MPV Sliding Door atau pintu geser yang di minati oleh masyarakat Indonesia.

MPV itu sendiri kepanjangan dari Multi Purpose Vehicle atau kendaraan serbaguna, juga selain di Indonesia MPV ini banyak di gemari oleh negara - negara Asia dan Eropa.

Namun ada baiknya jika kita mempunyai kendaraan jenis MPV sliding door atau yang mempunyai jenis pintu geser ini kita mengetahui beberapa cara merawat agar tidak cepat rusak.

Memang mobil MPV kini sudah semakin banyak, dengan model pintu geser, dari kelas tingkat bawah sampai kelas premium.

Cara membukanya juga bervariasi ada yang manual seperti digeser dengan bantuan dorongan tangan atau ada lagi sekedar menekan tombol alias "power door".

Karena itu agar pintu semakin enak dan mulus saat di buka dan di tutup ada baiknya kita juga perlu memberikan perawatan khusus agar tetap awet dan tidak terjadi jamp, di antaranya yaitu dengan memberikannya minyak pelumas sebagai pelicin, karena Pelumas atau pelicin ini berfungsi sebagai melancarkan gerakan pergeseran pintu agar menjadi lancar.

Aturan ini berlaku untuk semua tipe otomatis atau manual, rel yang terdapat disamping bodi atau diatap bahkan ada yang dibawah, kita bersihkan dari debu dan kotoran atau benda kecil, yang nantinya bisa menghambat laju pergerakkan pintu, seperti seret atau bahkan macet, salah satu caranya yaitu ambil kuas kering dan bersihkan rel tersebut.

Pertama, lakukan pada rel di bodi mobil dengan pintu ditutup. Semprotkan degreaser semisal WD40 untuk melarutkan kotoran dan sisa gemuk yang sudah kotor.

Kedua, usaplah pada bagian yang disemprot dengan lap bersih. Lumuri kembali rel dengan gemuk, jangan lumuri gemuk terlalu banyak, yang tipis saja karena jika terlalu banyak atau tebal, kotoran dan debu mudah terperangkap, dan lakukan cara yang sama juga untuk melumasi rel di bagian bawah (dekat pijakan kaki) dan dilakukan saat pintu dibuka habis.( Perhatikan pelumasan pada bearing, untuk ini sebaiknya serahkan ke bengkel. Minta kepada mekanik untuk memeriksa pelumasan komponen tersebut agar tetap lancar )

Dan agar pintu Sliding Door atau pintu geser mobil awet dan lancar selalu, yang perlu di perhatikan adalah :
  • Jangan memaksa atau mempercepat laju pintu geser saat sedang aktif karena itu dapat merusak motor pintu otomatis.
  • Dan apabila mesin mobil Anda Mati, jangan posisikan mode otomatis pintu geser Anda, kerana Itu akan menyebabkan aki menjadi tekor. Gunakan pintu mode manual saja.
  • Untuk pintu otomatis, dibuka dengan menekan tombol atau menarik pegangan. Namun saat menarik, jangan diikuti dengan memaksa ke arah belakang.
  • Untuk Mobil yang memiliki pintu geser baik manual maupun dual fungsi pintu otomatis dan manual, saat pintu mode manual jangan lakukan dengan membanting pintu dibuka dan ditutup tanpa hentakan. karena benturan keras bisa menyebabkan pengait pintu rusak!
Demikian beberapa tips agar pintu geser atau jenis Sliding door mobil dapat awat berjalan dan tahan lama untuk di gunakan, semoga saja hal ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sumber : pusatsuzuki.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Newsreel

Loading...